kabel stright dan cross

Assalamualaikum wr,wb

kali ini admin akan mencoba menyampaikan materi tentang kabel jaringan yang digunakan sebagai media transmisi dalam jaringan itu sendiri. Materi ini admin dapatkan saat sekolah Kejuruan, dan harapannya materi ini akan bermanfaat juga saat di jenjang perkuliahan di Politeknik Negeri Lampung dimana admin sendiri mengambil jurusan di Program Study Manajemen Informatika. Mudah-mudahan materi dapat bermanfaat bagi rekan semua. Amin,, :)

Kabel-Straight Dan Cross Over




Dalam jaringan LAN, kabel data yang sering digunakan untuk komunikasi antara komputer dengan komputer dan komputer dengan perangkat jaringan lainnya adalah Kabel UTP. Alasan yang membuatnya sering digunakan pada jaringan LAN adalah harganya yang relative murah serta mudah didapat, dan juga kabel UTP ini bisa diandalkan untuk sebatas jaringan LAN.

UTP merupakan kependekan dari Unshielded Twisted Pair. Mengapa disebut Unshielded? Mengapa disebut Twisted Pair? Dinamakan Unshielded karena kabel UTP tidak dilengkapi dengan pelinsung yang memungkinkan kabel tersebut kurang tahan dengan interferensi elektromagnetik. Disebut Twisted Pair karena didalamnya terdapat kabel-kabel yang disusun saling berpasangan spiral atau saling berlilitan.

Jumlah kabel yang ada didalam kabel UTP adalah 8, sehingga terdapat 4 pasang kabel yang saling berlilitan. Fungsi dari lilitan ini adalah sebagai eliminasi dan induksi kebocoran. Dari 8 buah kabel yang ada, yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan data hanya 4 saja (2 pasang). Apabila satu pasang bertindak sebagai pengirim (TX) pada ujung pertama, maka pada ujung kedua pasangan kabel tersebut akan bertindak sebagai penerima data (RX).

Type Kabel UTP :

  • Kabel UTP Type 1
Kabel ini mentransmisikan data dengan kecepatan rendah. Biasanya digunakan untuk komunikasi telepon dan juga menghubungkan modem dengan line telepon.
  • Kabel UTP Type 2
Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan transfer mencapai 4 Mbps. Kabel UTP kategori 2 ini sering digunakan untuk topologi token ring.
  • Kabel UTP Type 3
Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan transfer mencapai 10 Mbps.
  • Kabel UTP Type 4
Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan transfer mencapai 16 Mbps.
  • Kabel UTP Type 5
Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan transfer mencapai 100 Mbps.
  • Kabel UTP Type 6
Mempu mentransmisikan data dengan kecepatan transfer mencapai 1000 Mbps, dengan freluensi 100 MHz.
  • Kabel UTP Type7
Mempu mentransmisikan data dengan kecepatan transfer mencapai 1000 Mbps, dengan freluensi 200 MHz.
  • Kabel UTP Type8
Mempu mentransmisikan data dengan kecepatan transfer mencapai 1000 Mbps, dengan freluensi 400 MHz.


Untuk dapat menghubung komputer dengan komputer atau perangkat jaringan lainnya, kabel utp menggunakan konektor RJ-45 sebagaimedia penghubungnya. Karena jumlah kabel ada 8 buah, jadi tidak boleh sembarangan dalam pemasangannya. Berikut adalah gambar yang menunjukan susunan kabel UTP berdasarkan EIA/TIA 568A dan EIA/TIA 568B.



Nah, berdasarkan standard tersebut kita dapat membuat 3 jenis penyusunan kabel UTP, yaitu Straight Through Cable, Cross Over Cable, dan Roll Over Cable.

1.    Kabel Stright

Jenis kabel ini menggunakan standar yang sama antara ujung satu dengan ujung yang satunya lagi. Jadi, pin 1 pada salah satu ujung akan terhubung dengan pin 1 pada ujung yang lainnya, lalu pin 2 akan terhubng dengan pin 2, dan seterusnya.




Kabel straight trought ini biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat yang berbeda jenis:

  •      PC dengan Switch
  •      PC dengan HUB
  •      Sitch dengan Rotuter, dll

2.    KABEL CROSS

Penyusunan kaebel Cross Over (Silang) berbeda dengan kabel Straight Trought (Lurus). Bisa kita lihat bersama pada gambar dibawah ini, kabel yang menyilang merupakan kabel yang berfungsi untuk mengirim dan menerima data, sedangkan dua pasang kabel yang lain susunannya tetap. Rumus yang dapat kita gunakan untuk menyusun type ini adalah berdasarkan urutan nomor pada kabel, yaitu:

RUMUS : 3126



Kabel Cross Over digunakan untuk menghubungkan:

  •      PC dengan PC
  •      Switch Dengan Switch
  •      Hub dengan Hub
  •      Router dengan Router
  •      dll

0 Response to "kabel stright dan cross"

Post a Comment