makalah cara membuat kabe straight & cross pada kabel UTP plus gambar

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang masalah

Kegiatan pratikum merupakan proses belajar yang sangat mendukung disamping penyampaian teori. Mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti teori sebagai dasar dalam melaksanakan praktikum dan juga menambah pemahaman lebih mendalam tentang teori yang disampaikan Dosen. Hal ini sudah menjadi keharusan diperguruan tinggi vokasi yang menekankan praktikum dalam proses belajar, termasuk Politeknik Negeri Lampung. Disamping mahasiswa wajib melaksanakan praktikum, mahasiswa juga diwajibkan untuk membuat laporan praktikum sebagai bukti keberhasilan mahasiswa dalam melaksanakan praktikum maupun memahami teori yang disampikan. Dalam laporan praktikum ini akan membahas tentang Cara membuat kabel Straight dan Cross menggunakan kabel UTP.

1.2  Tujuan praktikum

·       Mahasiswa dapat memahai apa pengertian dari jaringan komputer
·       Mahasiswa dapat memahami  perbedaan kabel UTP Straight dan Cross.
·       Mahasiswa dapat mengetahui bagaimana cara membuat langsung kabel Straight dan Cross.

1.3  Rumusan Masalah

1.     Apa pengertian dari jaringan komputer?
2.     Apa pengertian dan fungsi dari kabel UTP?
3.     Bagaimana cara membuat kabel Straight dan Cross over menggunakan kable UTP?





BAB II
LANDASAN TEORI


2.1 Pengertian Jaringan komputer

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta atau menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan atau mengirim layanan disebut server. Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, dan Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

2.2 Pengertian kabel UTP

Kabel UTP singkatan dari “Unshielded Twisted Pair” yaitu jenis kabel ini terbuat dari bahan penghantar tembaga, mempunyai isolasi dari plastik & terbungkus oleh bahan isolasi yang dapat melindungi dari api dan juga kerusakan fisik, kabel UTP sendiri terdiri dari 4 pasang inti kabel yang saling berbelit dimana masing-masing pasang mempunyai kode warna berbeda.
Fungsi kabel UTP yaitu dapat digunakan sebagai kabel untuk jaringan Local Area Network (LAN) pada sistem network atau jaringan komputer, dan umumnya kabel UTP memiliki impedansi kurang lebih 100 ohm, dan juga dibagi menjadi kedalam beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.

2.3 Jenis-jenis dari kabel UTP

Adapun bentuk dan jenis kabel UTP adalah sebagai berikut :
CAT 1 – Kabel UTP Category 1 [Cat1] adalah jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang terendah, didesain untuk mendukung komunikasi suara analog saja.
CAT 2 – Kabel UTP Category 2 [Cat2] adalah jenis kabel UTP memiliki kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Cat1, jenis atau kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara digital. Kabel ini bisa mentransmisikan data sampai 4 megabit/detik.
CAT 3 – Kabel UTP Category 3 [Cat3] adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 2, jenis atau kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 megabit per detik.
CAT 4 – Kabel UTP Category 4 [Cat4] adalah suatu jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang jauh lebih lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Category 3 (Cat3) atau sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara sampai kecepatan 16 megabit/detik.
CAT 5 – Kabel UTP Category 5 [Cat5] adalah suatu jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Category 4 (Cat4) atau yang sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan komunikasi suara pada kecepatan sampai 100 megabit/detik.
CAT 6 – Kabel UTP Category 6 [Cat6] adalah jenis standar kabel UTP dengan sertifikasi resmi paling tinggi.
CAT 7 – Kabel UTP Category 7 [Cat7] adalah jenis kabel premium yang sangat cocok sekali sebagai media yang high traffic berbagai macam aplikasi dalam 1 kabel (single cable). Maksimum data yang terkirim sampai 10 Gbit/detik, dengan frekuensi 1000 Mhz.



BAB III
PEMBAHASAN

A. Alat dan Bahan

Untuk menghubungkan sebuah jaringan komputer menggunakan kabel, terdapat dua jenis kabel yang sering digunakan yaitu kabel stright-through dan kabel crossover. Adapun untuk membuat kabel UTP Cross dan Straight harus mempunyai alat-alat sebagai berikut :

1. Tank Crimping



Tank Crimping adalah alat untuk memotong kabel UTP dan untuk menjepit ujung konektor Rj-45, dan biasanya untuk mengupas kabel luar UTP, serta alat ini sangat penting sekali bagi kita yang ingin belajar cara mengcrimping kabel. Alat ini bentuknya hampir sama dengan Tank biasa yang sering kita lihat atau temui, seperti gambar di atas.
2. Kabel UTP

Kabel UTP digunakan sebagai media penghubung jaringan dan sekaligus media transmisi data dan di dalam kabel UTP ini terdapat 8 helai kabel kecil yang berwarna-warni sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

3. Konektor RJ-45



Konektor Rj 45 adalah alat yang kita pasang pada ujung kabel UTP, berfungsi agar kabel dapat kita pasang pada port LAN pada Pc. Konektor RJ-45 harus dipasangkan pada ujung kabel UTP baik Straight maupun Cross.
4. Lan Tester



Lan Tester adalah alat untuk menguji hasil crimpingan kabel, jika krimpingan kita salah maka lampu di Lan Tester ini tidak akan menyala dan kalau hasil crimpingan kita sudah benar maka lampu di Lan Tester akan menyala dengan otomatis sesuai dengan urutan kabel Cross maupun Straight, jadi alat ini sangat berguna bagi kita untuk mengetahui hasil crimpingan atau kabel yang dibuat.
B. Perbedaan antara kabel Straight dan Cross

Sebelum kita mulai membuat kabel ada baiknya kita mengetahui fungsi dari masing-masing kabel.

1. Kabel Straight

Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya. Yang digunakan untuk menghubungkan perangkat jaringan yang berbeda type atau jenis.

Urutan standar kabel straight adalah seperti dibawah ini yaitu sesuai dengan standar TIA/EIA 368B (yang paling banyak dipakai) atau kadang-kadang juga dipakai  sesuai  standar TIA/EIA 368A sebagai berikut:


Contoh penggunaan kabel straight adalah sebagai berikut :


        Menghubungkan antara computer dengan switch
        Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL
        Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL
        Menghubungkan switch ke router
        Menghubungkan hub ke router

2. Kabel Cross

Kabel cross merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan ujung lainnya. Kabel cross digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama. Gambar dibawah adalah susunan standar kabel cross.


Contoh penggunaan kabel cross adalah sebagai berikut :


        Menghubungkan 2 buah komputer secara langsung
        Menghubungkan 2 buah switch
        Menghubungkan 2 buah hub
        Menghubungkan switch dengan hub
        Menghubungkan komputer dengan router

Dari 8 buah kabel yang ada pada kabel UTP ini (baik pada kabel straight maupun cross over) hanya 4 buah saja yang digunakan untuk mengirim dan menerima data, yaitu kabel pada pin No 1,2,3 dan 6.

C. Cara Membuat Kabel UTP Straight dan Cross

Setelah kita mengetahui fungsi dari masing-masing kabel, maka selanjutnya mahasiswa akan melakukan praktikum membuat kabel stright dan cross.



1. Cara Membuat Kabel Straight
Adapun langkah-langkah membuat kable Straight adalah sebagai berikut :

1. Kupas bagian ujung kabel UTP, kira-kira 3 cm menggunakan Tank Crimping.


2. Buka 4 pilinan kabel menjadi 8 bagian, kemudian luruskan dan urutankan kabel sesuai standar kabel straight.


Gb. 4 pilin kabel UTP

Gb. 8 bagian kabel UTP


3. Setelah urutannya sesuai standar, potong dan ratakan ujung kabel menggunakan tank Crimping atau alat lainya.


4. Masukan kabel yang sudah lurus dan sejajar tersebut ke dalam konektor RJ-45, dengan posisi pengunci konektor konektor Rj-45 berada di bagian bawah serta  pastikan semua kabel posisinya sudah benar dengan posisi sebagai berikut:
Putih Orange - Putih Orange
Orange - Orange
Putih Hijau - Putih Hijau
Biru - Biru
Putih Biru - Putih Biru
Hijau - Hijau
Putih Coklat - Putih Coklat
Coklat - Coklat


5. Selanjutnya lakukan crimping menggunakan tank crimping tools, tekan crimping tool dan pastikan semua pin (kuningan) pada konektor RJ-45 sudah menggigit tiap-tiap kabel. Biasanya akan terdengar suara "klik".



B. Cara Membuat Kabel Cross

Membuat kabel cross memiliki langkah yang hampir sama dengan kabel straight, perbedaan hanya terletak pada urutan warna dari salah satu ujung kabel. Berbeda dengan kabel straight yang memiliki urutan warna sama di kedua ujung kabel.
Putih Orange  - Putih Hijau
Orange  - Hijau
       Putih Hijau - Putih Orange
    Biru - Biru
     Putih Biru - Putih Biru
       Hijau - Orange
     Putih Coklat - Putih Coklat
     Coklat - Coklat


Gb. Kabel Cross

Dibawah ini adalah contoh ujung kabel UTP yang telah terpasang konektor RJ-45 dengan benar, selubung kabel ikut masuk kedalam konektor.

Langkah terakhir adalah mengecek kabel yang sudah dibuat tadi dengan menggunakan Lan Tester, caranya masukan masing-masing ujung kabel (konektor RJ-45) ke masing-masing port yang tersedia pada Lan Tester, nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai dengan urutan kabel yang dibuat. Jika benar berarti kabel siap dipasang pada jaringan, namun, jika terjadi kesalahan pada pemasanan kabel pada konektor, maka untuk membuat ulang harus memotong dan mengulang cara seperti yang dijelaskan dipoint pertama.


11 Responses to "makalah cara membuat kabe straight & cross pada kabel UTP plus gambar"

  1. sama-sama,,semoga sukses usahanya.. :)

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih gan, artikel anda sangat bermanfaat bagi saya, sekarang saya bisa merakit Kabel UTP Straight dan Cross sendiri.

    Jangan lupa juga kunjungi blog saya, terdapat pengetahuan tentang beberapa Hardware di
    http://alvianandersen.blogspot.com

    Dan jangan lupa juga kunjungi ini
    http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  3. Kalau bisa cantumkan juga sumber referensi dari makalahnya cara membuat kabel straight. biar lebih valid

    ReplyDelete
  4. komentar balik ya ke blog saya www.belajarbahasaasing.com

    ReplyDelete
  5. Slot machine in Vegas, NV at JTM Hospitality
    Slot 안동 출장마사지 machine in Vegas, NV 안동 출장마사지 at JTM Hospitality. Slot machine in Vegas, NV at JTM 오산 출장샵 Hospitality. Get your Vegas casino bonus and live 경주 출장마사지 table games. 동해 출장안마

    ReplyDelete