manfaat puasa bagi kesehatan







Manfaat ramadhan_Bagi_Kesehatan_2017

Assalamualaikum wr,wb..



Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang amat mulia abagi umat islam. Di dalam bulan ramadahan tersebut umat islam diwajibkan berpuasa sehari penuh bagi yang memenuhi rukun dan syarat berpuasa. Bulan ramadhan disamping sebagai upaya untuk slalu dekat dan tunduk kepada Allah swt, bulan tersebut juga memiliki banyak sekali keistimewaan yang amat - amat banyak dibidang kesehatan disamping untuk ibadah. Nah,, kali ini sobat saya akan memaparkan bebrapa manfaat melaksanakan ibadah puasa penuh dalam satu hari dibilan suci ramadhan bagi kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan fungsi otak
     Orang yang melaksanakan puasa maka orang tersebut akan mengalami penurunan hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. Hal ini akan menyebabkan orang akan sedikit mengalami rasa stres saat dihadapkan dengan pekerjaan. otak juga pada saat itu akan mengalami penurunan Neurotropik, hal ini akan menyebabkan tubuh untutk memproduksi sel otak dengan jumlah yang lebih banyak sehingga secara perlahan akan menyebabkan optimalisasi kinerja otak kita.

2. Menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh
  Jika demikian, orang yang istiqamah melakukan puasa dibiulan romadhan akan terus mengalami penurunan kolestrol jahat dalam tubuh. Hal ini tetntunya akan meminimalisir resiko terserangnya penyakit strok dan serangan jantung secara tiba-tiba.

3. Menetralisir racun di dalam tubuh
  Ketika orang dalam keadaan berpuasa, maka tubuh akan memanfaatkan cadangan lemak di dalam tubuh sebagai energi bagi manusia. Saat lemak dalam pemrosesan untuk pembuatan cadangan energi, maka lemak-lemak tersebut akan membakar racun-racun berbahaya yang ada pada tubuh manusia. Sehingga tubuh  dalam proses pengeluaran zat sisa tersebut akan berdamapak positip bagi kesehatan kita.

4. Akan terhindar dari kebiasaan buruk
 Bulan yang mulia tersebut akan berdampak kemuliaan juga bagi mereka yang taat pada kewajibanya yaitu melaksanakan ibadah pusa hanya mengharap rahmat dan ridho dari Allah swt. Dalam hal itu juga puasa pun akan memberikan pola hidup teratur yang sehat pada manusia.

Sekian beberapa manfaat yang dapat saya sampaikan tentang kemuliaan dibulan ramadhan. Semoga bermanfaat... :)

0 Response to "manfaat puasa bagi kesehatan"

Post a Comment