Cara Untuk Menjaga Daya Ingat Otak Manusia

Assalamualaikum wr,wb,, :)

Daya ingat seseorang memang berbeda-beda, ada yang memiliki daya ingat kuat dan ada yang memiliki daya ingat lemah. Mungkin tak akan jadi masalah bagi mereka yang  memiliki ingatan yang kuat, namun bagaimana dengan mereka yang memiliki daya ingat yang rendah, atau sesikit sesah dalam hal mengingat suatau kejadian atau hal yang semestinya di ingat, yang dapat mengganggu produktivitas diri kita. Bagi sobat, pernahkah melihat orang atau teman kita yang dengan mudah suatu pelajarang atau hal lain dengan mudah,,, lantas banyak yang bertanya ,, bagaimana bisa?? Tenang ya sobat,,dDi dalam postingan kali ini,, saya akan membagikan 7 cara atau metode mudah yang dapat menjaga agar daya ingat fikir kita bisa terjaga. Adapun 7 cara tersebut yaitu sebagai berikut :

1. Makan-makanan pokok yang sehat. Salah satu cara yang dapat mendukung dan membantu daya ingat adalah dengan mengkonsumsi makan-makanan yang sehat. Ada banyak sekali jenis makanan yang dapat sobat konsumsi diantaranya yaitu :

a. sayur-sayuran
b. kacang-kacangan
c. minyak jaitun
d. aneka bri
e. ikan
f. susu
g. madu
h. buah-buahan, dll

dengan banyaknya jenis makanan, pilihlah jenis makanan yang menurut sobat mudah untuk dicari dan di konsumsi tentunya.

2. Olahraga secara teratur. Manfaat olahraga ini sagat besar sobat, di samping dapat menjaga agar tubuh tetap bugar, ia juga mampu menjaga agar aliran oksigen ke otak menjadi lancar.. nah mari kita rajin berolahraga secara teratur meskipun hanya 15 menit setiap harina. Misalnya : jalan kaki, berenang, bersepeda, maraton, push up, dll yang mudah dan murah tapi besar manfaatnya, :)

3.  minimalisir stres dan depresi yang dapat menyebabkan daya ingat otak kita menurun, disamping faktor pisikologis penyebab mag, dll. Salah satu cara yang mudah dapat menangani hal tersebut adalah tersenyum dan tertawalah dengan senyaman mungkin... :) :).. jadi mulailah menjadi pribadi yang murah tersenyum dan sedikit humoris.. hehehe

4. Melakukan permainan yang dapat meningkatkan ketajaman otak. Jangan kira bermain game hanya kan menghabiskan waktu dan kuota (game online) ternyata game juga dapat melatih tentang ketajaman otak. Game yang mungkin dapat kita lakukan adalah bermain teka teki silang, bermain catur, dll yang dapat melatih otak untuk terus berfikir.

5. Jangan berhenti belajar. Belajar tidak hanya dlakukan oleh dang pelajar saja. Belajar tak kenal usia. Dengan beajar maka otak akan selalu diasah dan terlatih untuk mengingat dari apa yang dipelajari.

6. Jangan memikirkan hal-hal secara bersamaan. Otak kita mampu menyimpan apa yang diterima kurang lebih sekitar 8 detik. Sehingga otak kita akan bekerja secara terurut, otak kita tidak bisa memikirkan hal-hal yang banyak secara bersamaan. Jadi fokuslah pada salah satu bidang tertentu dalam berfikir, dan lakukan berfikirlah secara terurut.

7. Aturlah pola tidur atau istirahat yang teratur. Istirahat cukup merupakan salah satu upaya yang dapat meningkatkan daya ingat otak kita. karena dengan istirahat secara teratur maka otak akan kembali pulih kemampuanya dalam mengingat sesuatu. Jadi istirahatlah secukupnya. :)


Baiklah sekian dulu sobat.. intinya lakukan hal-hal yang positip secara terus-menerus.. semoga bermanfaat,, :)

wassalamualaikum warrahmatullah..

0 Response to "Cara Untuk Menjaga Daya Ingat Otak Manusia"

Post a Comment