CINTA HATI KEPADA AL QUR’AN

Ada bebrapa poin pokok dalam pembahasan kali ini, setelah sebelumnya saya telah sampaikan apa arti dan makna tadabur terhadap Al Qur’an. Adapun pon-poin tersebut adalah sebagai berikut :
     1.      Hubungan antara tadabur dengan cinta kepada Al Qur’an
Sahabat yang saya hormati, segala sesuatu yang kita cintai tentunnya akan amat mudah untuk kita terima dan kita pahami. Yang akan timbul dari perasaan senang tersebut adalah perasaan rindu dengannya, senang dengannya dan akan terus merasa dekat dengannya.
Begitupun jika hati kita sudah terikat dan dengan Al Qur’an, maka akan terasa nyaman dan nikmat ketika dekat, membaca, mendengar dan mentadaburinya pada level yang paling tinggi dan kuat.
Namun, sebaliknya sobat. Jika kita belum dapat emncintainya mungkin yang akan kita rasa adalah merasa berat ketika membacanya, sulit untuk menaatinya, sehingga butuk kesungguhan yang maksimal dan upaya yang keras agar bisa mencintainya.
  
2 .      Upaya menumbuhkan rasa cinta kepada Al Qur’an
Terdapat dua metode yang bisa dilakuakan untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Al Qur’an:
a.      Bertawakal kepada Allah dan meminta pertolongan kepada-Nya.
Meminta pertolonhan kepada Allah SWT.agar senantiasa Dia memberi pertolongan dan rizki kepada kita berupa rasa cinta kepada Al Qur’an dan berharap serta berdoa kepada-Nya agar senantiasa Allah SWT.jadikan Al Qur’an sebagai cahaya dihati kita, penentram di jiwa kita, serta pelenyap sedih dan duka kita. Dan doa lain ketika hendak mentadaburi Al Qur’an adalah memint kepada Allah SWT. Agar di jauhkan dan dilndungi dari segala godaan setan yang terkutuk.

b.      Mejalankan faktor-faktor yang dapat meraih rasa kecintaan tersebut.
Upaya yang dapat kita lakukan untuk cara kedua ini adalah dengan cara memahami dan menghafal isinya serta memahami makna yang terkandung di dalamnya. Dan yang terpenting adalah mengamalkannya dalam kehidupan sehar-hari kita dan sebagai penyemangat tentunya kita harus mengetahui keutamaan dan keagungan dari Al Qur’an sebagai kalamullah tersebut.



    3.      Tanda-tanda hati yang cinta kepada Al Qur’an
Shabat, ada beberapa tanda yang terdapat pada hati kita jika hati sudah memiliki rasa cinta kepada Al Qur’an, yaitu sebagai berikut :
a.      Merasa senag jika dekat dengan Al Qur’an dalam jangka waktu lama tanpa merasa bosan, jenuh dan segera mengakhiri ketika kita mendengar ataupun membacanya.
b.      Akan timbul rasa rindu kepada Al Qur’an jika sudah sekian lama tidak membaca dan mentadaburinya. Ia akan sangat berharap supaya bisa bertemu, bertadabur, dan bersama memahami apa yang ada padanya.
c.      Suka melakukan diskusi dengan Al Qur’an dikala dilanda sebuah masalah dalam menjalani hidup, baik yang berat maupun yang ringan.
d.      Mentaati isi dari Al Qur’an baik berupa perintah ataupu larangan, karena Al Qur’an merupakan panduan yang benar bagi kehidupan manusia.

Demikian tanda-tanda sebagian yang dapat disampikan, mari kita tanyakan pada hati kita masing-masing. Apakah sudah terdapat salah satu tanda tersebut dihati kita atau belum. Wallahu’alam..


Demikian artikel yang dapat saya sampaikan, mohon maaaf jika teradap banyak kekurangan, semoga bermanfaat,, J

0 Response to "CINTA HATI KEPADA AL QUR’AN"

Post a Comment