Diagram Activity, use case, squence, communication, timming, Interaction Ocver dan state machine

Analisis dan pearncangan sistem informasi

Diagram yang dibuat pada pengembangan sistem UML (Unified Modelling Language)  :

1). Diagram Activity
Diagram aktivitas adalah bentuk visual dari alir kerja yang berisi aktivitas dan tindakan, yang juga dapat berisi pilihan, pengulangan, dan concurrency. Dalam Unified Modeling Language, diagram aktivitas dibuat untuk menjelaskan aktivitas komputer maupun alur aktivitas dalam organisasi.

2). Diagram Use Case
Use Case Diagram adalah gambaran graphical dari beberapa atau semua actor, use case, dan interaksi diantaranya yang memperkenalkan suatu sistem. Use case diagram tidak menjelaskan secara detil tentang penggunaan use case, tetapi hanya memberi gambaran singkat hubungan antara usecase, aktor, dan sistem.Didalam use case ini akan diketahui fungsi - fungsi apa saja yang berada pada sistem yang dibuat.

3). State Machine Diagram
State Machine Diagram adalah teknik yang umum digunakan untuk menggambarkan behaviour sebuah sistem. Hal ini digunakan untuk membantu analis, perancang dan pengembang untuk memahami perilaku obyek pada sistem. Tidak cukup hanya mengimplementasikan sebuah obyek, pengembang juga harus membuat obyek tersebut melakukan sesuatu. State diagram memastikan bahwa obyek-obyek tersebut akan menebak apa yang seharusnya dilakukan. Dengan gambaran yang jelas tentang perilaku obyek, kemungkinan tim pengembang akan memproduksi sebuah sistem yang sesuai dengan requirement.

4). Cominication Diagram
Diagram Komunikasi memodelkan interaksi antara objek atau bagian dalam hal pesan berurutan. Diagram komunikasi mewakili kombinasi informasi yang diambil dari Diagram Kelas , Urutan , dan Use Case yang menggambarkan struktur statis dan perilaku dinamis suatu sistem.

5). Squence Diagram
sequence diagram ini adalah diagram yang menggambarkan kolaborasi dinamis antara sejumlah object. Kegunaannya untuk menunjukkan rangkaian pesan yang dikirim antara object juga interaksi antara object. Sesuatu yang terjadi pada titik tertentu dalam eksekusi sistem.


     6). Timming Diagram
Timing Diagram digunakan untuk menyelidiki tingkah laku objek sepanjang periode waktu tertentu. Sebuah timing diagram merupakan berntuk khusus dari sequence diagram. Perbedaan antara timing diagram dan diagram sequence adalah sumbu dibalik sehingga waktu meningkat dari kiri ke kanan dan jalur hidup yang ditampilkan dalam ruang terpisah yang diatur secara




7). Diagram Interaction Ocver
Diagram yang memvisualisasikan kerja sama antar digram interakse lain (timming, sequence, communication, and interaction ocver diagram) untuk mengambarkan aliaran control yang melayani tujuan.



0 Response to "Diagram Activity, use case, squence, communication, timming, Interaction Ocver dan state machine"

Post a Comment