Kutbah Jumat : Lakukan Minimal 4 Cara Melakukan Perubahan Kearah Yang Lebih Baik

“LAKUKAN PERUBAHAN”



Perubahan adalah sesuatu yang harus dilakukan bagi tiap manusia tentunya dari sisi yang tidak baik kea rah yang jauh lebih baik, karena Allah pun menginginkan kepada hambanya untuk senantiasa selalu melakukan perubahan kearah yang lebih baik disetiap harinya bahkan disetiap waktunya dan detiknya. Hal tersebut tidak lain agar kita selalu menjadi orang yang beruntung dunia dan akhirat. Dalam pembahasan kali ini, ada bebrapa poin yang harus dilakukan oleh seorang muslim untuk secara istiqamah meningkatkan perubahan kearah yang jauh lebih baik lagi, diantaranya yaitu :
     
          1.      Perubahan Dan Pembaharuan Akidah
    
    Tiap-tiap manusia senantiasa selalu dan wajib untuk terus  meningkatkan akidahnya dan keimanan ditiap waktunya kepada Allah SWT. Karena pada dasarnya manusia selalu dalam keadann naik dan turun keimanannya disetiap waktunya. Dalam solat merupakan upaya untuk memperbaharui dan melakukan perubahan yang lebih kuat lagi ketika mengucapkan dua kalimat syahadat. Disitu kita meneguhkan kembali keimanan kita kepada Allah SWT dan rasul-Nya. Akan ada perbedaan yang Nampak sekali antara orang yang selalu memperbaiki keimanannya melalui solatnya dengan orang-orang yang jarang atau tidak mau memperbaharui akidahnya di karenakan kelalaian dan kemalasannya dalam melakukan solat. Tentu orang-orang yang senantiasa berupaya untuk melakukan perubahan dan peneguhan akidahnya akan Allah cintai.
           2.      Perubahan Dalam Pola Berfikir

Sebagai seorang yang berfikir kedepan, senantiasa ia selalu mengguakan fikirannya untuk memunclkan  fikiran-fikiran positip disetiap waktu dan disetiap keadaan, baik kepada sesame manusia, alam, hewan dan bahkan kepada Allah SWT. Hal tersebut harus kita upayakan dalam kehidupan, agara manusia itu sendiri mampu mengambil sisi positip di setiap waktu dan kejadian.

            3.      Perubahan Dalam Peningkatan Kepedulian Social

Masyarakat yang madani atau yang maju berlandaskan ajaran-ajaran islam senantiasa dibangun dari kepedulian social yang tinggi. Disitu ia akan merasa sepenanggunga dan seperjuangan dalam hal kepentingan umum maupun yang urgen sekalipun. Dalam suatu organisasi misalnya, dibayangkan jika kepedulian antar pemimpin kepada bawahan, atau anggota kepada pemimpinya kurang, yang akan terjadi adalah organisasi tersebut akan sangat kacau bahkan tak akan bertaha lama dalam menjankan kepengurusannya. Tingkatkan kepedulian kita terhadap sesame, agar segala permasalahan umat dapat dicarikan solusi secara tepat dan cepat dan lebih mudah untuk menjalankan suatu rencana karena rasa saling sepenanggungan melalaui tingginya tingkat kepedulian kita terhadap kehidupan sosial. Karena pada hakikatnya manusia adalah mahluk social yang tak akan bisa hidup tanpa bantuan dari orang-orang sekitar.

     4.       Perubahan Akhlak

Puncak dari kemuliaan manusia dapat diamati dari akhlaknya. Karena akhak yang mencerminkan kualitas dari ibadah dan kedekatan terhadap Allah SWT. Seperti Rasullah SWT. yang hanya manusia biasa akan tetapi menjadi manusia yang amat mulia dikarenakan akhlaknya serta tingginya tingkat akidah kepada Allah SWT, tingginya tingkat kepedulian terhadap sesama, pola fikir yang selalu husnudzan kepada semua hal, kejadian dan keadaan baik kepada Allah, manusia, hewan, tumbuhan dan alam.


Baiklah sobat, Wallahu’alam dari apa yang saya tuliskan.. hal ini hanya menjadi motivasi bagi penulis dan dan teman-teman semua agar senantiasa selalu melakukan perubahan kearah yang jauh lebih baik lagi agar kita semua Allah tetapkan sebagai orang-orang yang Beruntung, baik di dunia maupun di akhirat. Amin Allahuma Amin.. :)

0 Response to "Kutbah Jumat : Lakukan Minimal 4 Cara Melakukan Perubahan Kearah Yang Lebih Baik"

Post a Comment